• Jum. Mei 3rd, 2024

PRODI TADRIS BAHASA INDONESIA

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

Menjalankan Puasa Sambil Belajar Ekofeminisme dalam Karya Sastra

Apr 12, 2023

Meskipun tengah menjalankan ibadah puasa Ramadan, mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia IAIN kediri tetap bersemangat dalam belajar. Hal ini terbukti dari diadakannya kegiatan Mantra (Mahasiswa Ngaji Sastra) yang dilaksanakan pada Selasa, 11 April 2023 lalu.

Kegiatan yang diadakan bersamaan dengan agenda bukber ini menghadirkan Bapak Moh. Badrus Solichin, M.Hum. selaku pemateri. Dalam pemaparannya, Bapak Badrus mengajak mahasiswa “berkenalan” dengan kajian ekofeminisme. Dalam kajian ini, manusia disebut sebagai pelaku utama punahnya ekosistem bumi. Karena perasan yang selalu tidak puas, manusia seringkali berusaha memenuhi melakukan eksploitasi. Lebih lanjut, ekofeminisme sendiri merupakan penggabungan antara ekologi dan feminisme. Penggabungan ini berdasarkan suatu renungan bahwa dominasi serta diskriminasi yang dialami baik oleh lingkungan hidup maupun perempuan, bersumber dari masalah yang sama yakni, budaya patriarki. Dominasi terhadap perempuan dan ekologi inilah yang seringkali ditemukan dalam karya sastra.

Meskipun dilaksanakan di tengah rasa haus dan lapar, namun seluruh peserta tetap antusias menyimak materi yang disampaikan selama kurang lebih dua jam. Mahasiswa menyebutkan bahwa puasa menjadi tidak terasa karena mendengarkan materi yang menarik dan bermanfaat bagi mereka.