Sejarah

Perkembangan modernisasi dan globalisasi peradaban membawa masyarakat pada tuntutan yang semakin kompleks di segala sektor kehidupan baik di bidang pendidikan, sosial, politik, ekonomi, budaya, ilmu, teknologi, seni maupun sosial kemasyarakatan. Kondisi dan situasi tersebut tentu merupakan tantangan bagi segenap komponen bangsa utamanya bagi mahasiswa dan lulusan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, lebih khusus bagi para lulusan Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri yang tidak hanya memiliki tujuan religius, namun juga dituntut agar selalu berperan secara aktif dalam ikut menjawab dan mengatasi persoalan-persoalan kehidupan yang semakin kompleks tersebut baik dalam pergaulan nasional maupun internasional.

Oleh karena itu dalam upaya berperan aktif dan menigkatkan kualitas manusia sebagaimana sasaran Pendidikan Nasional adalah mutlak yang harus dilakukan. Dalam hal ini, Fakultas Tarbiyah berperan menyelenggarakan pendidikan yang bermutu dan menjawa yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi dirinya terutama dalam rangka menghadapi kebutuhan kerja yang bersifat global.

Saat ini penyelenggaraan pendidikan di Fakultas Tarbiyah tengah menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan seperti madrasah, sekolah, pondok pesantren, dan juga akan berupaya untuk megembangkan program studi umum. Salah satunya adalah program studi Tadris Bahasa Indonesia S-1. Pendirian Program Studi S-1 Tadris bahasa Indonesia merupakan salah satu upaya untuk mendorong proses pertumbuhan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, salah satu Perguruan Tinggi di Jawa Timur, secara institusional menuju perguruan tinggi terkemuka dan bereputasi.