PROFIL LULUSAN

PROFIL UTAMA

Pendidik/Praktisi Pendidikan      

Calon guru Bahasa Indonesia yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas, dan mutakhir serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan, keahlian serta melek teknologi dan literasi digital.

PROFIL TAMBAHAN

  1. Asisten Peneliti Pendidikan         

Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai asisten peneliti bidang Bahasa Indonesia yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir, serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.

2. Staf Lembaga Budaya

Lulusan Sarjana Tadris Bahasa Indonesia memiliki peluang menjadi staf ahli yang membantu penyelenggaraan, perumusan, dan pelaksanaan kebijakan di bidang kebudayaan, perfilman, kesenian, tradisi, sejarah, cagar budaya, permuseuman, warisan budaya, dan kebudayaan lainnya.

3. Staf Ahli Kebahasaan/ Konsultan Bahasa  

Lulusan Sarjana Tadris Bahasa Indonesia memiliki peluang menjadi staf ahli yang berkecimpung dalam dunia pengembangan dan penelitian kebahasaan di berbagai wilayah Indonesia, seperti Balai Bahasa Surabaya, Balai Bahasa Yogyakarta, Pusat Bahasa di Jakarta, serta balai bahasa di wilayah-wilayah yang lain.

4. Pengembang Bahan Ajar

Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pengembang bahan ajar bidang Bahasa Indonesia pada sekolah/madrasah (SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya, serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.

5. Copywriter/ Penulis di media  dan Editor     

Lulusan Tadris Bahasa Indonesia yang sudah terbiasa dengan keterampilan menulis dan membaca memiliki peluang untuk berkarir sebagai copywriter yang bertugas menulis naskah iklan untuk perusahaan yang akan dipublikasikan di berbagai media, baik media cetak, televisi, online, maupun radio. Selain itu, mereka juga berkesempatan menjadi editor yang bertugas mengedit naskah tulisan atau karangan yang akan diterbitkan dalam majalah, surat kabar, dan sebagainya (termasuk media online).

6. Instruktur Bahasa Indonesia/ BIPA          

Lulusan Sarjana Tadris Bahasa Indonesia memiliki peluang menjadi staf ahli bahasa yang tidak hanya menguasai bahasa-bahasa Asing seperti bahasa Inggris, China, Jepang, Korea dan lain-lain, akan tetapi juga ahli bahasa yang menguasai Bahasa Indonesia secara profesional untuk menjadi pengajar Bahasa Indonesia bagi penutur Asing atau istilahnya BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing), baik di Indonesia maupun di luar negeri.