• Jum. Mei 3rd, 2024

PRODI TADRIS BAHASA INDONESIA

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

Mengenal Paradigma Semiotis sebagai Pendekatan Kajian Humor

Mar 18, 2023
Dr. Iwan Marwan M.Hum. sedang menyampaikan materi

Prodi Tadris Bahasa Indonesia IAIN Kediri kembali mengadakan acara Dikskusi Ilmiah (DIKSI) di Gedung M Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri. Acara yang dilaksanakan pada 17 Maret 2023 tersebut menghadirkan Bapak Dr. Iwan Marwan, M.Hum. selaku pemateri dan Ibu Elen Nurjanah, M.Pd. sebagai moderator.

DIKSI kali ini bertema “Paradigma Semiotis sebagai Pendekatan Kajian Humor”. Tema ini terbilang sangat bermanfaat bagi mahasiswa, mengingat sebagian dari mereka belum banyak mengenal pendekatan semiotika dalam penelitian linguistik maupun sastra. Bahkan selama ini, mahasiswa cenderung menganggap semiotika sebagai teori yang rumit, susah dipahami. Namun setelah menyimak materi DIKSI kali ini, mahasiswa merasa lebih mudah memahami apa itu semiotika dan bagaimana menerapkannya dalam penelitian.

Lebih lanjut, Bapak Dr. Iwan Marwan, M.Hum. selaku pemateri juga menjelaskan bahwa humor yang notabene tidak terpisahkan dari kehidupan manusia dan keberadaanya sejalan seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan manusia itu sendiri, menjadi salah satu sarana komunikasi yang paling esensial dan eksklusif yang dimiliki manusia untuk dapat berinteraksi dengan sesamanya karena diiringi dengan aktifitas tertawa. Meski demikian, dalam pola pemakaian bahasa humor, tidak jarang tersimpan makna-makna tersembunyi yang dapat diteliti lebih lanjut menggunakan pendekatan semiotika. Misalnya saja, dalam humor-humor sufi dapat ditemukan pula nilai-nilai keislaman di dalamnya. Atau kemunculan Fajar Sadboy yang disebut oleh beberapa pihak memiliki kecerdasan linguistik di balik humor “sedih” yang dicitrakannya.

Adapun peserta DIKSI kali ini tidak hanya berasal dari Prodi Tadris Bahasa Indonesia IAIN Kediri saja, melainkan juga dari prodi dan fakultas luar Tarbiyah. Bahkan, ada salah satu peserta yang datang dari Universitas Negeri Malang khusus untuk mengikuti kegiatan DIKSI kali ini.