• Ming. Apr 28th, 2024

PRODI TADRIS BAHASA INDONESIA

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

Menggagas Pemahaman tentang Pemanfaatan Korpus Bahasa

Feb 25, 2023

Prodi Tadris Bahasa Indonesia IAIN Kediri kembali adakan Diskusi Ilmiah dengan nama DIKSI (Diskusi Ilmiah) yang rutin diadakan setiap bulan. Kegiatan ini diselenggarakan secara luring mulai pukul 08.00 sampai pukul 11.00 setiap hari Jumat pada minggu ketiga di Gedung M Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri. Narasumber dalam kegiatan ini nantinya adalah Bapak/Ibu Dosen Pengampu di Prodi Tadris Bahasa Indonesia IAIN Kediri.

Sambutan Kaprodi Tadris Bahasa Indonesia Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri, Bapak Dr. Iwan Marwan, M.Hum.

DIKSI (Diskusi Ilmiah) perdana dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 24 Februari 2023 dengan narasumber Ibu Dr. Salma Sunaiyah, M.Pd. dengan tema “Menggagas Pemahaman tentang Pemanfaatan Korpus Bahasa”. Hadir dalam diskusi ini yakni Bapak/Ibu Dosen Prodi Tadris Bahasa Indonesia dan juga mahasiswa dari Angkatan 2020 dan 2021. Diskusi dimulai dengan sambutan dari Kaprodi Tadris Bahasa Indonesia Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri, Bapak Dr. Iwan Marwan, M.Hum.

Peserta DIKSI Seri 1 sangat serius menyimak pemaparan materi oleh narasumber

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber. Narasumber menjelaskan bahwa korpus adalah kumpulan teks yang dapat dibaca mesin yang sudah disusun dengan baik dan komunikatif. Beliau menambahkan bahwa teks yang didapat bisa berasal dari bahasa tulis dan bahasa lisan. Selain itu dibahas pula tentang dasar-dasar korpus dalam ilmu bahasa, jenis-jenis korpus, serta pemanfaatan linguistik korpus. Diskusi diakhiri dengan sesi tanya jawab oleh peserta dan narasumber.

Kegiatan diskusi ilmiah seperti ini sangat menarik dan bermanfaat bagi seluruh peserta diskusi karena dapat menambah wawasan tentang ilmu bahasa khususnya tentang korpus bahasa atau linguistik korpus.