Prodi Tadris Bahasa Indonesia IAIN Kediri Mengikuti Bimtek bagi Calon Pengajar BIPA Tingkat Dasar

Prodi Tadris Bahasa Indonesia IAIN Kediri berkesempatan mengikuti Bimbingan Teknis Calon Pengajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Dasar yang diadakan oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur (BBP Jatim). Kegiatan yang diikuti oleh tiga dosen Prodi Tadris Bahasa Indonesia IAIN Kediri ini dilaksakana di Hotel Aria Centra Surabaya pada 17—19 Maret 2022. Total peserta berjumlah 24 orang yang berasal dari delapan perguruan tinggi yang telah memiliki mahasiswa asing namun belum memiliki program BIPA. Seluruh perguruan tinggi ini berencana untuk membuka program BIPA di instansi/lembaganya. Adapun tujuan utama dari pelaksanaan kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar bagi para dosen calon pengajar BIPA di perguruan tinggi di Jawa Timur agar siap mengajar penutur asing di perguruan tingginya nanti.

Narasumner yang terlibat dalam kegiatan bimtek ini merupakan para ahli di bidang ke-BIPA-an, seperti Dr. Gatut Susanto, M.M., M.Pd. (Ketua APPBIPA Jatim/Dosen Universitas Negeri Malang), Hertiki, M.Pd. (Pengajar BIPA Badan Bahasa/Dosen UNIPA Surabaya), Prayit Tri Laksono, M.Pd. (Pengajar BIPA Badan Bahasa/Dosen UNISMA), Nissa Rahma Aprillia, M.A., M.Pd. (Pengajar BIPA Badan Bahasa/Dosen Universitas Negeri Malang), Agnes Suprihatin, M.Pd. (Pengajar BIPA Badan Bahasa/Dosen ISP STIE Malang Kucecwara), dan Awaludin Rusiandi, M.A. (Pengajar BIPA Badan Bahasa/Penerjemah Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur). Seluruh narsumber ini adalah pengurus dan anggota Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APPBIPA) Jawa Timur.

Kegiatan Bimtek Calon Pengajar BIPA Tingkat Dasar ini dibuka oleh Dr. Iwa Lukmana, M.A, Kepala Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa secara daring melalui aplikassi zoom. Di dalam pemaparannya, Dr. Iwa Lukmana, M.A. berharap agar rencana berdirinya lembaga-lembaga BIPA di perguruan tinggi Jawa Timur ini dapat membuat bahasa Indonesia semakin mendunia. Selanjutnya, Kepala BBP Jatim, Dr. Asrif, M.Hum. juga menyampaikan dukungannya bagi seluruh peserta yang akan “berjuang” membuka program BIPA di instansi masing-masing. Balai Bahasa Jatim juga siap memfasilitasi seluruh perguruan tinggi yang akan segera merealisasikan progamnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *