• Jum. Mei 3rd, 2024

PRODI TADRIS BAHASA INDONESIA

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

Mempelajari Kajian Bahasa dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Feb 24, 2024

Jumat, 23 Februari 2024, Prodi Tadris Bahasa Indonesia IAIN Kediri kembali menyelenggarakan Diskusi Ilmiah (DIKSI) dengan tema “Kajian Bahasa dan Implikasinya dalam Pembelajaran”. Berbeda dengan beberapa kegiatan DIKSI di tahun 2023, DIKSI seri pertama di tahun 2024 ini menghadirkan dua pemateri sekaligus, yakni Ibu Nurul Dwi Lestari, M.Pd. dan Ibu Anwariyah, M.Pd.

Di dalam pemaparannya, kedua pemateri sepakat bahwa pembelajaran bahasa Indonesia pada hakikatnya adalah membelajarkan peserta didik tentang keterampilan berbahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai tujuan dan fungsinya. Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis, menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara, memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan, menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial, menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa, serta menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.

Seluruh peserta yang hadir pada kegiatan DIKSI di Aula Gedung M Fakultas Tarbiyah kemarin terlihat sangat antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh kedua pemateri. Mereka menyebutkan bahwa tema kegiatan DIKSI kali ini sangat relevan dengan jurusan mereka saat ini dan akan bermanfaat untuk mendukung karier mereka di masa mendatang nanti.

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah WhatsApp-Image-2024-02-22-at-2.40.49-PM-1024x1024.jpeg