• Jum. Mei 3rd, 2024

PRODI TADRIS BAHASA INDONESIA

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

Menumbuhkan Daya Kritis Saban Pembacaan

Sep 26, 2023

Prodi Tadris Bahasa Indonesia IAIN Kediri kembali mengadakan Diskusi Ilmiah (DIKSI) pada Senin, 25 September 2023 kemarin. Pada DIKSI kelima ini, mahasiswa diajak untuk berlatih menumbuhkan daya Kritis di setiap proses membaca. Ibu Erawati Dwi Lestari, M.Hum. selaku pemateri menjelaskan bahwa membaca seharusnya bukan sekadar “bisa baca”, namun harus ada kemampuan untuk memahami suatu bacaan.

Di dalam materinya, Ibu Era juga menunjukkan berbagai contoh teks yang sekilas tampak “baik-baik saja”, namun jika dibaca secara kritis ternyata menyimpan isu besar yang dapat “berdampak” jika dibiarkan begitu saja. Misalnya, novel yang mengandung pelabelan, iklan yang melanggengkan mitos kecantikan, lirik lagu yang mengobjektifikasi perempuan, media/konten yang memberitakan hoax, hingga sampul buku anak berunsur pornografi.

Di akhir materi, dijelaskan pula bahwa membaca kritis harus dilakukan dengan berpikir rasional, melihat dalam sudut pandang skeptis, dan membangun kebiasaan untuk mengajukan pertanyaan terhadap teks yang dibaca. Selain itu, perlu juga melakukan pembacaan teks lain sebagai pembanding teks pertama yang dibaca.