• Jum. Mei 3rd, 2024

PRODI TADRIS BAHASA INDONESIA

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

Nur Lailatus Sa’adah, Menjadi Juara di Berbagai Bidang

Mei 25, 2023

Nur Lailatus Sa’adah atau akrab dengan panggilan Ella, lahir dan besar di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Mahasiswi Tadris Bahasa Indonesia IAIN Kediri angkatan 2020 ini lahir pada 13 April 2002 dan merupakan anak pertama dari 3 bersaudara. Sejak kecil, Ella gemar membaca buku. Bahkan di usianya yang ke-6 tahun, Ella sudah sering mengikuti lomba pidato berbahasa Indonesia dan berhasil menjadi juara, baik di tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi bahkan nasional. Selain lomba pidato bahasa Indonesia, Ella juga sempat mengikuti lomba mendongeng tingkat nasional saat SD. Memasuki usia 11 tahun, ketertarikannya pada bidang bahasa Indonesia semakin bertambah. Ia pun mulai menulis cerpen, dongeng, puisi, hingga novel. Bahkan di tahun pertamanya sebagai mahasiswi, tepatnya di bulan Agustus 2020, Ella berhasil menerbitkan novel berjudul Cinta dan Ikhlas.

Selama kuliah, Ella juga aktif mengikuti lomba dan sering menjadi juara dalam kompetisi yang ia ikuti. Sebut saja sebagai Juara 2 Lomba Cerpen Nasional dengan tema “Refleksi 61 Tahun PMII dalam Balutan Ramadhan dan Pandemi” yang diadakan oleh PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) Rayon Asy-Syafi’i pada 7-30 April 2021. Adapun cerpen yang berhasil membawa Ella pada kemenangan berjudul “Ramadhan Haru di Perantauan”.

Selain berbakat dalam menulis fiksi, Ella juga terbilang cakap dalam menulis nonfiksi. Hal ini dibuktikan dari keberhasilannya menjadi juara di beberapa lomba menulis ilmiah yang diadakan berbagai lembaga dan instansi. Pada 2021, Ella pernah menjadi Juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Olimpiade 3 Bahasa dengan tema “Membangun Eksistensi dan Diplomasi Beretika melalui Bahasa”. Lomba ini dilaksanakan pada 17 Juli 2021 secara daring dan beregu (tim). Peserta lomba KTI tingkat nasional ini berasal dari berbagai perguruan tinggi, sebut saja UNNES, IAIN Palopo, UINSATU, UIN Jakarta, dll. Lebih lanjut, Ella juga pernah menjadi Juara 3 Lomba Vidio Kreatif Hari Santri Nasional bertema “Gerakan Santri Mendukung Vaksinasi Serentak Pemerintah dalam Menanggulangi Pandemi Covid-19” yang dilaksanakan pada 24 Oktober 2021 oleh HMPS PAI IAIN Kediri.

Pada tahun 2022, Ella mulai sering menulis esai. Ia bahkan berhasil menjadi Juara 2 Lomba Esai Nasional bertema “Implementasi Budaya Literasi Menuju Indonesia Maju”. Lomba yang dilaksanakan pada 10 April-21 Mei tersebut diadakan oleh HMPS MPI IAIN Kediri. Pada lomba, Ella menulis esai tentang “Alih Wahana Sastra: Transformasi Puisi ke Lagu Jalan Pintas Tarik Minat Literasi”. Lomba ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. Adapun juara 1 dalam lomba ini berasal dari Universitas Indonesia dan juara 3 dari Universitas Negeri Surabaya.

Masih dari bidang penulisan yang sama, di tahun 2023, Ella kembali menjadi Juara Apresiasi Lomba Esai bertema “PMII dan Kehidupan Masyarakat Kediri”. Lomba yang dilaksanakan pada 17 April 2023 di Balai Kota Kediri tersebut diadakan oleh Pengurus Cabang PMII Kediri dalam rangka menyambut harlah PMII ke-63. Dalam lomba ini, Ella membuat esai berjudul “Demonstrasi Rasa: Harmonisasi PMII Kediri untuk Masyarakat Sekitar”. Tidak cukup sampai di situ, di tahun yang sama, Ella kembali menyandang Juara 3 Lomba Esai bertema “Kebudayaan Indonesia” yang dilaksanakan pada 15 Mei 2023. Lomba ini diadakan oleh HIMABSI Universitas Borneo Tarakan dalam rangka harlah HIMABSI yang ke-12. Judul esai yang diangkat oleh Ella dalam lomba ini ialah “Sastra Lisan: Jalan Pintas Jalan Pintas Merawat Warisan Seni dan Budaya Indonesia pada Suku Besemah”.