OBI (OLIMPIADE BAHASA INDONESIA) 2021 LOMBA ESAI NASIONAL TINGKAT SMA/MA/SMK/MAK

HASIL FINAL LOMBA ESAI OLIMPIADE BAHASA INDONESIA (OBI) 2021

Program Studi Tadris Bahasa Indonesia IAIN Kediri menggelar Final Lomba Esai dalam ajang Olimpiade Bahasa Indonesia (OBI) Tingkat Nasional 2021 untuk siswa SMA/MA/SMK/MAK se-Indonesia yang dilaksanakan secara luring dan daring pada Sabtu, 19 Juni 2021. Lomba esai bertemakan “Peran Pelajar dalam Menangkal Hoaks di Masa Pandemi melalui Bingkai Literasi” ini bertempat di Aula Perpustakaan TIPD Lantai 2 IAIN Kediri. Acara berlangsung secara luring dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dewan juri terdiri atas perwakilan Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan perwakilan Universitas Islam Kadiri (UNISKA). Pada babak penyisihan, panitia menerima 172 karya esai. Setelah diseleksi dengan pertimbangan originalitas karya, format penulisan, penggunaan bahasa, ketajaman analisis permasalahan, dan kebermanfaatan terpilih 14 karya esai terbaik tingkat SMA/MA/SMK/MAK. Mereka kemudian berkompetisi di babak final pada Sabtu, 19 Juni 2021. Peserta yang maju ke babak final mempresentasikan esai secara lisan serta menampilkan tayangan PPT dengan waktu 5 menit dilanjutkan dengan tanya jawab kurang lebih 10 menit. Setiap peserta sangat antusias menampilkan persembahan yang terbaik.

Bheryll Devan Putra Setyawan dari SMKS Pawayatan Daha 1 Kediri meraih skor tertinggi dan keluar sebagai Juara 1 dengan perolehan skor 973. Juara II diraih Yoga Veri Surya Wijaya dari SMAN 1 Plemahan dengan perolehan skor 920 dan Juara III diraih Gusti Ayu Putu Indira Maharani dari SMAN 8 Denpasar dengan perolehan skor 911. Ketiga peserta esai terbaik babak final mendapatkan uang pembinaan dengan rincian masing-masing: Juara I mendapatkan Rp1.500.000 dipotong pajak, Juara II mendapatkan Rp1.000.000 dipotong pajak, dan Juara III mendapatkan Rp750.000 dipotong pajak. Selain uang pembinaan, mereka juga mendapatkan piala dan sertifikat penghargaan.

Kemampuan menulis opini dalam bentuk karya esai dibutuhkan saat ini untuk mendorong kreativitas siswa dalam berpikir kreatif dan solutif dalam memberikan pemecahan masalah terkait permasalahan yang terjadi di berbagai bidang. Selain kemampuan menulis, mereka juga diharapkan mampu menyampaikan gagasan secara lisan dengan kepercayaan diri, komunikatif, dan tutur kata yang baik dan mudah dipahami pendengar. Perhelatan Olimpiade Bahasa Indonesia Tingkat Nasional semacam ini akan terus dilaksanakan setiap tahunnya dalam rangka memberikan wadah bagi siswa untuk menunjukkan bakat dan kreativitasnya, khususnya dalam menghadapi tantangan Abad 21.   

PENGUMUMAN 10 ESAI TERBAIK OLIMPIADE BAHASA INDONESIA (OBI) 2021

Pengumuman 10 esai terbaik Olimpiade Bahasa Indonesia (OBI) 2021 yang diselenggarakan Prodi Tadris Bahasa Indonesia IAIN Kediri dapat diunduh pada link berikut:

http://bit.ly/10esai-OBI2021

2 Replies to “OBI (OLIMPIADE BAHASA INDONESIA) 2021 LOMBA ESAI NASIONAL TINGKAT SMA/MA/SMK/MAK”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *