• Jum. Mei 3rd, 2024

PRODI TADRIS BAHASA INDONESIA

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

Memupuk Generasi Muda Berinovasi dalam Literasi melalui Pelatihan Cipta Baca Puisi

Nov 20, 2023

Prodi Tadris Bahasa Indonesia IAIN Kediri bersama Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Bahasa Indonesia IAIN Kediri melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) pada Kamis, 16 November 2023 lalu. Bentuk PkM tersebut berupa pelatihan mencipta dan membaca puisi dengan tema “Memupuk Generasi Muda Berinovasi dalam Literasi”.

Adapun kegiatan PkM ini dilaksanakan di Mts Riset Fathul Huda Blitar. Tercatat ada 16 mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia yang terlibat dalam kegiatan ini. Mereka mengaku senang karena PkM ini menjadi pengalaman baru bagi mereka. Ditambah lagi, pihak sekolah yang menjadi lokasi PkM juga menyambut baik kegiatan ini. “Kami dengan senang hati mempersilakan teman-teman mahasiswa untuk mengadakan pelatihan ini. Saya yakin semua siswa pasti sangat antusias nantinya,” ungkap Bapak Imam Asrofi S.Pd.I selaku Kepala Sekolah Mts Riset Fathul Huda Blitar.

Pelatihan cipta baca puisi dilaksanakan di aula Mts Riset Fathul Huda mulai pukul 07.00-12.00 WIB. kegiatan tersebut dihadiri oleh 97 siswa Mts Riset Fathul Huda, mulai dari kelas 7-9. Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh MC, kemudian sambutan oleh kepala sekolah sekaligus penyerahan cindera mata, lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi selama 60 menit, pemberian tugas, kemudian pembagian kelompok dan mentor oleh panitia. Adapun teknis pelaksanaan kegiatan diawali dengan pemberian tugas mencipta puisi yang dikerjakan siswa secara individu. Masing-masing siswa kemudian diminta berkumpul bersama kelompok dan menyetorkan puisinya kepada masing-masing metor.

Setelah kegiatan berkelompok, siswa diberi waktu untuk istirahat dan makan siang bersama para mentor. Kegiatan lalu dilanjutkan dengan ice breaking guna menghilangkan kejenuhan siswa selama kegiatan berlangsung. Di akhir sesi permainan, panitia menyediakan reward bagi siswa yang bersedia maju ke depan membacakan puisinya. “Seru sekali adik-adik di sini, mereka antusias banget menyambut kita. Meskipun suhu sedang naik-naiknya, tapi senyum mereka nggak ada lunturnya,” ujar Jelita sebagai salah satu panitia kegiatan. Saat itu panas matahari memang tengah menyengat, pun ruang kelas tidak memiliki pendingin ruangan. Namun, para siswa sangat bersemangat mengikuti rangkaian pelatihan cipta baca puisi hingga akhir.

Usai semua kegiatan selesai, acara dilanjutkan dengan penutupan yang dihadiri oleh kepala sekolah dan beberapa guru Mts Riset Fathul Huda Blitar. “Syukur Alhamdulillah, kegiatan yang dilaksanakan bersama kakak-kakak mahasiswa telah usai. Saya harap setelah kegitan ini berakhir, adik-adik bisa menyerap dan mengamalkan ilmunya dengan baik,” ujar Bapak Imam Asrofi S.Pd.I selaku Kepala Sekolah Mts Riset. Kegiatan pun ditutup dengan sesi foto Bersama siswa-siswi Mts Riset Fathul Huda Blitar.