• Sen. Mei 6th, 2024

PRODI TADRIS BAHASA INDONESIA

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

Bedah Buku “Pragmatik Sastra Lekra: Resistansi Kelas Pekerja dalam Cerpen Lekra”

Nov 1, 2023

Dalam rangka memperingati Bulan Bahasa, Prodi Tadris Bahasa Indonesia dan Himpunan Mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia IAIN Kediri mengadakan acara bedah buku yang dibalut dalam kegiatan Gempita Bulan Bahasa (Gemerlap Pentas Sastra dan Perayaan Bulan Bahasa). Adapun buku yang dibedah pada 30 Oktober 2023 tersebut berjudul Pragmatik Sastra Lekra: Resistansi Kelas Pekerja dalam Cerpen Lekra yang ditulis oleh Bapak Moh. Fikri Zulfikar, M.Pd.

Adapun buku Pragmatik Sastra Lekra ini berisi hasil pembacaan penulis atas karya sastra berupa cerpen-cerpen yang diproduksi sastrawan Lekra. Dari pengungkapan pesan itulah diketahui motif utama dari penulisan cerpen Lekra adalah untuk melakukan resistansi yang dilakukan kaum lemah terhadap kaum kuat. Kaum lemah yang dimaksud adalah  kaum tani dan buruh dalam upaya melawan dominasi kaum kuat, yaitu tuan tanah hingga petinggi perusahaan.

Buku yang dibedah oleh Bapak Moh. Badrus Solichin ini merupakan hasil konversi dari naskah penelitian Tesis milik penulis yang berjudul Resistansi Kaum Tani dan Buruh dalam Cerpen-Cerpen Sastrawan Lekra di Koran Harian Rakjat: Kajian Pragmatik Sastra. Tesis ini dikerjakan penulis ketika menyelesaikan studi S2 di Universitas Negeri Malang tahun 2021. Selain mengungkap hasil pembacaan karya secara mendalam, buku ini juga dilengkapi 26 cerpen-cerpen Lekra yang digunakan sebagai data analisis penelitian. Sehingga pembaca bisa memahami hubungan karya sastra Lekra, penulis atau sastrawannya, dan efek dari pembacaan secara komprehensif.