SOBAT (Sosialisasi Budaya Akademik Tadris Bahasa Indonesia) 2021

Acara SOBAT (Sosialisasi Budaya Akademik Tadris Bahasa Indonesia) 2021 dilaksanakan pada Jumat, 10 September 2021 pukul 08.00 WIB. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka sosialisasi dan adaptasi budaya akademik bagi mahasiswa baru Program Studi Tadris Bahasa Indonesia angkatan 2021. Acara dibuka oleh Kaprodi Tadris Bahasa Indonesia, Dr. Iwan Marwan, M.Hum. Dalam acara ini turut hadir pula dosen-dosen pengampu di Prodi Tadris Bahasa Indonesia, wapres mahasiswa IAIN Kediri, serta pemateri dari IMABSII (Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia se-Indonesia) Korwil Jawa Timur-Madura.

Dalam acara SOBAT 2021 ini, mahasiswa baru diperkenalkan dengan alur pemrograman KRS, Wali Studi, Beasiswa di IAIN Kediri, pembelajaran menggunakan e-learning, serta potensi bakat dan minat di bidang akademik dan nonakademik. Acara berlangsung dengan lancar. Melalui acara ini, mahasiswa baru diberikan motivasi untuk selalu bersemangat dan berkarya di IAIN Kediri, serta menjadi generasi bahasa Indonesia yang unggul dalam pengembangan keilmuan, keislaman, dan keindonesiaan.

Tadris Bahasa Indonesia Gelar SOBAT 2020

IAIN Kediri-Prodi Tadris Bahasa Indonesia IAIN Kediri menggelar kegiatan Sosialisasi Budaya Akademik Tadris Bahasa Indonesia (SOBAT Bahasa Indonesia) secara daring. Acara berlangsung pada hari Sabtu, 19 September 2020 melalui aplikasi zoom meeting.

Ketua Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, sekaligus ketua pelaksana SOBAT Bahasa Indonesia 2020, Dr. Iwan Marwan, M.Hum., menyatakan bahwa kegiatan ini menjadi PBAK prodi perdana bagi program studi yang baru berdiri ini. Meski wabah Covid-19 masih berlangsung, acara yang dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB pagi ini tidak menyurutkan niat mahasiswa baru untuk mengikuti serangkaian acara SOBAT Bahasa Indonesia 2020 secara virtual.

Acara Sobat Bahasa Indonesia 2020 secara resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Tarbiyah, Bapak Dr. H. Ali Anwar, M.Ag. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasinya terhadap perkuliahan online yang dilaksanakan pada tahun 2020 ini, di mana mahasiswa dapat mengakses video pembelajaran dari dosen secara berulang kali. Hal ini tidak akan bisa dilakukan dalam perkuliahan tatap muka atau face to face. Alhasil, pemahaman mahasiswa terhadap materi yang disampaikan oleh dosen diharapkan lebih efektif dan mendalam.

Ketua Program Studi Tadris Bahasa Indonesia IAIN Kediri, Bapak Dr. Iwan Marwan, M.Hum., menyatakan tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk membangun kemandirian, adaptasi, dan kesiapan maba dalam mengikuti perkuliahan secara virtual. Dalam kesempatannya, beliau juga memberikan harapan dan doa agar mahasiswa dapat melaksanakan perkuliahan dengan lancar dan dapat lulus tepat waktu. Dalam kesempatan ini pula, Ketua Dema Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri, melalui sambutannya juga memberikan semangat untuk maba dalam menjalani perkuliahan hingga empat tahun atau delapan semester yang akan datang.

Acara SOBAT Bahasa Indonesia 2020 berlangsung dengan lancar dan seru. Kegiatan yang dipandu oleh Ibu Nurul Dwi Lestari, selaku MC dan moderator ini diikuti oleh kurang lebih 35 peserta, yang terdiri atas mahasiswa baru, perwakilan DEMA Fakultas Tarbiyah, Dekan Fakultas Tarbiyah, dan Dosen Tadris Bahasa Indonesia IAIN Kediri. Melalui acara ini diharapkan mahasiswa baru dapat mempersipkan diri lebih baik dalam perkuliahan dan memperkuat silaturrahmi antarmaba, DEMA, dosen, serta dekan.

Pada sesi kedua acara ini, mahasiswa baru 2020 diperkenalkan dengan dosen-dosen Tadris Bahasa Indonesia bersama mata kuliah yang diampu pada semester ini. Segenap dosen Tadris Bahasa Indonesia IAIN Kediri yang hadir secara virtual, yaitu Bapak Dr. Iwan Marwan, M.Hum., Ibu Anwariyah, M.Pd., Bapak M.Badrus Solichin, M.A., Ibu Erawati Dwi Lestari, M.Hum., dan Ibu Nurul Dwi Lestari, M.Pd. Pada sesi ini pula, mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk saling memperkenalkan diri dan bertanya-jawab dengan dosen terkait sistem perkuliahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *